Rabu, 02 Juni 2010

Membuat Auto Hide Navbar Blogger



Navbar Blogger merupakan sebuah frame yang berukuran kecil yang terdapat dibawah toolbar search engine atau mesin pencari yang kita gunakan.Frame ini berfungsi untuk login ke Blogger.com atau bisa digunakan sebagai jalan untuk melihat blog lain atau bisa juga untuk menandai blog yang sekiranya melanggar TOS Blogger seperti blog yang mengandung unsur SARA, pornografi agar bisa dilaporkan ke pihak Blogger.com. Dilihat dari fungsinya, sebenarnya tidak ada alasan yang baik untuk menghilangkan Navbar Blogger tersebut, namun hampir 80 % blogger baik di Indonesia maupun di luar negeri
yang pernah saya kunjungi, memilih untuk menghilangkan Navbar Blogger dari templatenya. Apalagi dengan dukungan blogger pembuat template yang memang sengaja dari awal proses pembuatan template untuk menghilangkannya. Mungkin penyebabnya adalah tidak adanya penjelasan atau keterangan resmi dari Blogger.com mengenai boleh tidaknya menghilangkan Navbar Blogger, sehingga 'Blogger Mania' juga menganggap hal tersebut bukanlah suatu permasalahan yang perlu diperdebatkan. Disini saya mencoba memberikan solusi atau jalan tengah dan semoga 'Teknik Blogging' yang saya berikan ini tidak bertentangan dengan pihak Blogger.com maupun pihak-pihak lain. Ikuti langkah-langkah berikut ini : 

1. Silahkan Login di Bloger.com dengan menggunakan account anda.
2. Pilih Menu 'Layout' atau 'Tata Letak', selanjutnya pilih 'Edit HTML'.
3. Cari kode :

#navbar-iframe {
height: 0px;
visibility: hidden;
display: none;
}

atau kode :

#navbar{height:10px; visibility:hidden; display:none} 

4. Hapuslah kode tersebut. 
5. Selanjutnya, carilah kode <body> 
6. Copy kode berikut ini : 



<style id='page-skin-1' type='text/css'< >!--*{margin:0;padding:0;}
#navbariframe{opacity:0.0;filter:alpha(Opacity=0)}
#navbar-iframe:hover{opacity:1.0;filter:alpha(Opacity=100,FinishedOpacity=100)} 

6. Paste atau letakkan kode tersebut diatas kode <body> 
7. Save atau simpan template anda.
8. Selesai.
Semoga dengan memasang kembali Navbar Blogger anda, meskipun dengan metode Auto Hide, setidaknya kita lebih menghargai apa yang telah diberikan Blogger.com kepada kita semua. Selamat Mencoba....!!!??? 

1 komentar: