Rabu, 09 Juni 2010

Cara Menulis Agar Blog Anda Mudah Ditemukan Di Google

Berikut ini cara menulis agar blog anda lebih cepat ditemukan di Google. Yes, orang berebut agar blog mereka masuk di Search Engine besar sepertiGoogle.co.id itu kawan. Anda mungkin juga ingin berada pada posisi bergengsi misalnya top 10 Google saat orang mencari informasi yang juga anda tulis di blog anda bukan? Yes, terang saja punya blog yang sudah masuk di posisi atas Google tersebut sangat enak,
Cara menulis content blog anda agar bisa seperti itu tadi cukup mudah. Perhatikan baik-baik ya: Pertama Anda perlu membidik apa yang disebut sebagai Kata Kunci atau istilah kerennya adalah KeyWords. Misalnya seseorang mencari di Google dengan mengetikkan kata “Bisnis Blog” maka kata kuncinya ya Bisnis Blog tersebut (ini contoh saja). Tentu kata kunci ini jumlahnya hampir tak terbatas. Anda ingin blog anda ditemukan orang dengan kata kunci apa? maka tulislah kata kunci anda tersebut dengan aturan sederhana sebagai berikut:

  • Letakkan Kata Kunci Anda dalam Judul Artikel Anda
  • Letakkan juga Kata kunci Anda dalam Description Artikel Anda. Description ini tercermin rombongan Meta Tag pada bagian header blog Anda. Sedikit teknis sih memang penjelasannya. Atau bisa juga Anda meletakkan kata kunci tersebut diawal-awal artikel anda, maka sekitar 85 kata di awal artikel tersebut akan otomatis menjadi Description tersebut.
  • Letakkan juga Kata Kunci tadi pada rombongan meta yang bernama Keywords. Anda bisa meletakannya pada Categori atau Tags dalam posting anda.
  • Terakhir, letakkan juga kata kunci anda tadi didalam content (body) artikel yang anda tulis secara proporsional, artinya tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Saya sering menggunakan sekitar 4 sampai 8 persen keywords di dalam content yang tersebar di beberapa paragrap.
Selesai deh cara peletakan keywords untuk menulis agar blog anda LEBIH MUDAH dikenali dan ditemukan di Google. Artikelnya sendiri kan bebas, kata kuncinya pun bebas, tergantung kata kunci apa yang ingin Anda bidik tentunya.
Kegiatan diatas dinamakan dengan ON-PAGE SEO, artinya mempersiapkan blog Anda secara INTERNAL (dengan artikel tadi) untuk siap diindex dengan baik oleh Google dan juga Search Engine lainnya seperti Yahoo, MSN, dan sebagainya.
Ada satu tugas lagi yang perlu Anda kerjakan yaitu menulis juga tetapi Menulis Diluar Blog Anda tentang blog Anda tersebut. Artinya membuat pintu masuk ke blog Anda dari blog diluarnya. Pintu masuk inilah yang kemudian disebut orang sebagai Inbound Link atau lebih dikenal dengan istilah Backlink saja.
Membangun backlink ini bisa anda lakukan sendiri misalnya dengan memasang iklan ditempat lain, bertukar link dengan teman, menyumbangkan artikel ke blog lain yang berisi backlink ke blog anda dan sebagainya. Bisa juga dilakukan secara suka rela oleh orang lain, misalnya karena mereka suka dengan blog anda. Bisa juga dengan membeli link, bisa pula misalnya Anda menyenggarakan kontes menulis berhadiah dimana salah satu syaratnya adalah artikel peserta ngelink ke blog Anda. Semua itu dimaksudkan untuk membangun backlink tadi.
Kegiatan diatas dinamakan OFF-PAGE SEO, artinya kegiatan DILUAR blog Anda. Sama sih, harus menulis juga. Jadi kalau On-Page SEO tadi menulis di dalam blog anda maka Off-Page SEO berarti menulis diluar blog Anda.
Itu persyaratan menulis agar blog Anda mudah ditemukan di Search Engine besar seperti Google, Yahoo, MSN, Bing dan sebagainya tadi.
Lalu bagaimana agar mendapat posisi tinggi, atau katanlah masuk ke 10 besar di halaman pertama hasil pencarian di Google?
Jawabnya sederhana: Anda harus menang di On-Page dan menang juga di Off-Page Seo tadi. Menang itulah yang mungkin perlu kerja keras, sebab banyak pesaing yang memperebutkannya:) Ya kan?
Tetapi jika Anda membidik kata kunci yang hampir tidak pernah dibidik atau dibahas orang lain maka tentu Anda akan cepat sekali menjadi nomor 1 di google. Kira-kira buat apa ya menang seperti itu? hehe..
Yes, yang terbaik memanglah menang memperbutkan kata kunci yang kompetitif, kata kunci yang bernilai uang mungkin? Yes, bagi sebagian orang mungkin itu tujuannya. Atau menang sekedar untuk menjadikan blog Anda terkenal walaupun tidak bicara tentang duit? Boleh-boleh saja, terserah Anda saja :)
Apa harus menang di Search Engine seperti google? tidak harus, kan banyak cara lain mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Misalnya dengan mengiklankannya di koran atau TV, atau bikin tulisan yang sangat heboh sehingga blog anda jadi buah bibir, hehe.. bisa saja! Of course sebaiknya membuat blog yang mendatangkan manfaat sebesar-besarnya yang Anda bisa lakukan. Buat apa ya ribut-ribut dan membuat banyak orang rugi waktu dan rugi tenaga untuk berantem di internet?
Itu saja pengantar singkat dari saya tentang Cara Menulis agar blog anda lebih mudah ditemukan orang di Google. Mudah-mudahan blog Anda malah menang dan masuk ke top 10 yah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar