Rabu, 01 Juli 2009

Paid review yang terbukti membayar dollar

Ada banyak tempat untuk menghasilkan dollar dari program ptr (paid to review). Masing-masing punya kelebihan dan ada kekurangan. Ada yang bayarnya gede, tapi syaratnya susah buat yang masih pemula, ada yang mudah tapi bayarannya kecil. Berikut ini adalah sejumlah situs paid review yang telah saya ikuti dan telah terbukti membayar.

Payperpost. Bayaran dikirim satu bulan pertanggal posting review diapprove. Misal, anda posting review tanggal 2 Agustus dan diapprove tanggal 3 Agustus, pembayaran akan sampai ke paypal anda tanggal 3 September. Nilai review dari $5 sampai ratusan dollar. Mereka akan memberikan skor pada blog yang anda daftarkan. Ada advertise yang memprioritaskan PR, ada yang tidak meminta PR tapi dengan Izea Rank (rank punya groupnya payperpost), ada yang minta domain sendiri bukan yang gratisan, ada yang memblacklist domain gratis wordpress, dll. Dari pantauan, payperpost hampir selalu tepat waktu. Bayaran dikirim tak peduli weekend atau hari libur. Tidak seperti paid review lainnya, mereka akan menunda jika jatuh tempo pembayaran tepat pada hari sabtu dan minggu pembayaran baru akan dikirim pada hari Senin. Status pembayaran bisa dilihat di daftar posting review di account anda. Di situ ada keterangan berapa hari lagi bayaran review anda akan dikirm. 

Blogvertise. Sama seperti Payperpost, bayaran dikirim pertanggal posting. Jika jatuh tempo pembayaran jatuh pada weekend, pembayaran baru akan dikirim pada hari aktif berikutnya, senin atau selasa. Nilai bayaran review bisa anda set. Anda bisa mengeset minimum harga review yang anda inginkan. Kalau mengeset minimum $5. Kalau anda kurang yakin, bisa turunkan, misal $2. Rata-rata $5 - $10. Untuk mengecek status pembayaran, anda bisa melihat di list payment di account anda, jika “due” berarti pembayaran sebentar lagi akan diproses. Jika ada posting berurutan, misal tanggal 26, 27, 28, beberapa kali kasus dialami, dibayar pada tanggal terakhir atau berikutnya. Jika sudah “paid” berarti pembayaran sudah dikirim. Jika anda belum menerima pembayaran, atau ada link yang dianggap error, karena blogvertise menggunakan mesin pendeteksi link, anda bisa menghubungi contact supportnya. Mereka sangat helpful. Jangan coba-coba mencurangi misal dengan membuat 2 akun atau lebih karena jika ketahuan akan dibanned akun anda. Di blogvertise ada GBT (grab bag task) yang bisa anda ambil hampir taip hari tanpa menunggu job review yang ditawarkan ke blog anda.

ReviewMe. Bayaran diakumulasikan selama satu bulan. Dikirim ke paypal anda pada tanggal awal bulan. Bisa tanggal 1 atau tanggal 2. Jika jatuh tempo pembayaran pas weeekend, biasanya nunggu sampai hari aktif. Tiap bulan anda maksimal bisa mengambil 10 job review. Tapi beberapa kali kasus bisa diambil sampai 11 bahkan 12 job review. Jika PR atau rank blog anda turun, bisa jadi job yang bisa anda ambil tak sampai 10. Jadi, rajin-rajin cek tawaran jobnya. Kalau anda yakin bisa mengambil job dengan gaji yang lebih besar, anda bisa mengabaikan job yang cuma $5, anda bisa mengecek lagi di hari berikutnya siapa tahu ada yang lebih gede. Tapi jika anda tak yakin, mending ambil saja yang $5-an daripada pas sudah mepet tanggal akhir bulan ternyata tak ada tawaran lagi.

Linkworth. Bayaran diakumulasi selama satu bulan. Dibayar tiap tanggal 10. Job review yang anda garap setelah tanggal 10 bulan Agustus, misalnya, akan dibayar pada tanggal 10 bulan September. Telat nggak lama, satu atau dua hari. Pembayaran minimum dikirim via paypal $25. Jangan lupa anda cek di setting payment anda untuk memilih minimum pembayaran $25, jaga2 kalau earning anda nggak mentok cuma $25. Prosentase yang anda dapatkan bisa anda set sendiri, 50:50 atau 70:30. Jika anda yakin blog anda bagus, set aja 70:30 biar bayaran per reviewnya gede. Misal job seharga $20, ya anda dapat 70 persennya. Tips, sering-sering dicek tawaran job reviewnya karena tawaran muncul tak tentu, bisa tengah malam, bisa pagi, siang atau sore. 

SponsoredReview. Bayaran dikirim tiap 2 minggu. Tak ada batasan jumlah review yang bisa anda ambil. Anda bisa melaakukan bid job review yang ditawarkan. Saran, jika blog anda PRnya tak terlalu tinggi, di bawah PR 4, sebaiknya anda tak ngebid dengan harga yang tinggi. Mereka akan memberikan skoring blog anda. Misal $25-100, berarti review yang bisa anda ambil adalah review dengan harga kisaran itu. Nah anda bisa menentukan harga review yang anda inginkan. Meski anda bisa mengambil hingga $100, sebaiknya jangan terlalu bernafsu untuk mematok harga penuh, kasih saja misalnya $40 biar tawaran yang masuk lebih banyak.

SocialSpark.. Ini umurnya belum lama. Masih satu group dengan Payperpost. Harga per job review bervariatif. Sering-sering cek tawaran di account anda. Jangan lupa langsung digarap begitu setelah anda ambil karena anda hanya punya waktu 12 jam setelah mengambil job yang ditawarkan. Tidak seperti Blogvertise yang bisa digarap sampai satu minggu, reviewme sampai tanggal jatuh tempo, linkworth anda akan dapat 3 kali peringatan yang dikirim setiap 2 hari. Jadi langsung digarap agar tidak keburu hangus.

Smorty. Harga reviewnya agak pelit. Awal-awal blog anda diapprove dan dapat tawaran, rata2 $5-6. Jangan copy-paste karena hasil review anda akan dicek secara manual. Copy paste bisa anda lakukan di Reviewme atau Linkworth yang asal link dan minimum kata sesuai, review anda bakallolos. Bayaran dari smorty dikirim tiap 2 minggu.
Blogtoprofit. Bayaran dikirim setelah posting anda diapprove. Rata-rata per job review dihargai $5 - $10. Reviewnya lumayan ketat. Yang bikin males, sering situs reviewnya nggak jelas, minus diskripsi sehingga akan menyulitkan kita akan menulis apa.

Bloggerwave. Ini yang paling nggak jelas. Ada yang sudah dibayar semua (10 review) yang harganya masing $10, ada yang baru dibayar 3, malah ada yang belum sama sekali. Katanya sih, mereka mengirim pembayaran satu bulan setelah posting review diapprove. Tapi kenyataannya banyak melesetnya. Masih untung kalau anda dibayar. Sehingga tak heran jika banyak yang menyebut Bloggerwave Scam.

BloggingAds. Sebenarnya enak review di BloggingAds. Karena anda hanya diminta copy and paste saja. Review sudah disiapkan, anda tinggal milih dan memastekan di blog anda. Bayaran dikirim tiap akhir atau awal bulan. Tapi jika tidak dicomplain, bayaran sering juga.

Dari sekian paid review yang disebutkan, akan diberikan skor berdasarkan ketepatan waktu pembayaran, tingginya job review, banyaknya tawaran, dan kemudahan menggarap reviewnya. Skor 1-4.

Payperpost
Pembayaran : 4
Harga Review : 4
Tawaran : 3
Kemudahan : 2

Blogvertise
Pembayaran : 3
Harga Review : 3
Tawaran : 3
Kemudahan : 3

Linkworth
Pembayaran : 4
Harga Review : 3
Tawaran : 3
Kemudahan : 4

Reviewme
Pembayaran : 4
Harga Review : 4
Tawaran : 4
Kemudahan : 4

Sponsoredreviews
Pembayaran : 4
Harga Review : 3
Tawaran : 4
Kemudahan : 4

Smorty
Pembayaran : 4
Harga Review : 2
Tawaran : 3
Kemudahan : 2

BloggingAds
Pembayaran : 2
Harga Review : 2
Tawaran : 2
Kemudahan : 4

Bloggerwave
Pembayaran : 1
Harga Review : 3
Tawaran : 2
Kemudahan : 4

Blogtoprofit
Pembayaran : 3
Harga Review : 2
Tawaran : 2
Kemudahan : 1

Kesimpulannya, silakan anda pertimbangkan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar